Anak SD yang berada di kelas rendah adalah anak yang berada pada rentang
usia dini. Massa usia dini ini merupakan massa perkembangan anak yang pendek tetapi massa yang sangat penting bagi kehidupannya, oleh
karena itu seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong agar potensi anak
akan berkembang secara optimal . perkembangan dan karakteristik anak pada usia
SD berbeda-beda Antara anak yang satu dengan anak yang lainnya, karakter anak
pada masa kelas rendah berbedah dengan karakter anak pada kelas tinggi hal ini dapat dilihat dalam
proses pembelajaran anak. usia sekolah dasar utamanya yang ada di kelas rendah
belum dapat mengembangkan keterampilan kognitifnya secara penuh, akan tetapi
anak di kelas rendah belum dapat mengembangkan keterampilan kognitifnya secara
penuh, akan tetapi anak di kelas tinggi sudah dapat berfikir, berkreasi secara
luas .
Berikut adalah karakter anak SD
kelas rendah serta implikasinya terrhadap pembelajaran :
1. kongkrit,
siswa sd kelas rendah salah satu karakteristiknya yaitu belajar dari hal-hal
yang konkrit dan secara bertahap menuju kearah yang abstrak.Kongkrit maksudnya
belajar dari hal –hal yang nyata , misalnya dapat dilihat, didengar, dibaui,
diraba bahkan diotak atik, itu disebabkan karena anak sd kelas rendah belum
bisa menggambarkan atau membayangkan sesuatu berdasarkan penjelasan atau teori.
Oleh karena itu pembelajaran ips harus diusahakan ada media atau alat peraga
sesuai dengan tujuan materi yang
diajarkan..memanfaatkan lingkungan sekitar dalam proses belajar mengajar akan
menghasilkan hasil belajar yang lebih bernilai.
2. Integratif , yaitu pada tahap anak sd kelas
rendah anak masih memandang sesuatu sebagai satu keutuhan, mereka belum bisa
memisahkan suatu konsep ke bagian demi bagian.oleh karena itu dalam
pembelajaran ips harus dilakukan secara bertahap,dari hal-hal umum yang mudah
dipahami ke hal-hal yang lebih khusus.
3. Hierarkis,
yaitu cara belajar anak yang berkembang secara bertahap dari hal yang sederhana
ke hal yang lebih kompleks.oleh karena itu pembelajaran ips materi atau ilmu
yang diajarkan hrus logis atau masuk akal, agar mudah dimengerti oleh siswa.
4. Suka
bermain dan lebih suka bergembira / riang (Basset, Jacka, dan Logan:1983) ,
anak SD kelas rendah masih suka bermain dan suka bergembira disebabkan karena mereka berada pada tahap
peralihan dari TK yang penuh dengan permainan.implikasinya terhadap
pembelajaran ips, guru harus menciptakan suasana belajar yang nyaman dan penuh
ceriah dengan merancang model pembelajaran yang serius tapi santai.
5. Mereka
biasanya tergetar perasaannya dan terdorong untuk berprestasi sebagaimana
mereka tidak suka mengalami ketidakpuasan dan menolak kegagalan. (Basset,
Jacka, dan Logan:1983
6. Krakteristik
anak SD kelas rendah adalah senang merasakan atau melakukan / memperagakan
sesuatu secara langsung ditinjau dari teori perkembangan kognitif anak SD
memasuki tahap opersional kongkrit. Impliklasinya yaitu guru hendaknya
merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak terlibat langsung dalam
proses pembelajaran.
7. Siswa
masih senang belajar bersama temannya atau berkelompok karena pergaulannya
dengan kelompok sebaya . karakteristik ini membawa implikasi bahwa guru harus
merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak untuk bekerja atau belajar dalam kelompok.
Karena anak pada usia ini cenderung ingin mengajar anak-anak lainnya.
8. sebagian
siswa tertentu misalnya yang paling kecil, besar, gemuk/ kurus ataupun
kecacatan fisik lainnya biasanya suka mencari perhatian seperlunya, oleh karena
itu pembelajarannya hendaknya diberikan perhatian khusus seperlunya dan
diberikan kasihsayang tampak pamrih
9. Siswa
usia ini sedang mengalami masa peka / sangat cepat untuk meniru , mendapat
contoh / figure dari guru yang dipavoritkannya.karena itu di dalam
pembelajarannya guru hendaknya bersikap
baik dan bisa menjadi contoh bagi murid-muridnya.
10. Bahasa yang digunakan anak usia ini masih
dipengaruhi oleh usia ibu Karena bahasa yang digunakan adalah bahasa yang
sederhana tidak kompleks.
11. Rasa
ingin tahu yang tinggi, anak-anak SD usia ini sangat kritis mereka sering
mengajukan pertanyaan-pertanyaan diluar dugaan jadi alam pembelajaran
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.