Makna Peringatan Hardiknas dan Pidato Mendikbud Tahun 2016

Hari Pendidikan Nasional atau HARDIKNAS , kembali diperingati bagi seluruh warga Indonesia khususnya penduduk Indonesia yang bergelut di Dunia Pendidikan, Hari Pendidikan Nasional ini diperingati pada Tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Pada Tahun 2016 ini SDN 2 Pasar Batu akan melaksanakan Upacara bersama dengan siswa-siswinya di halaman sekolah, dalam upacara tersebut Pembina Upacara akan membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkenaan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional. (Download Pidato Mendikbud 2016)
Tanggal 2 Mei adalah tanggal lahir dari tokoh pendidikan nasional yaitu Ki Hajar Dewantara,dia yang dulu memperjuangkan pendidikan bagi bangsa Indonesia dijaman penjajahan belanda yang mengakibatkan dia diasingkan ke Belanda. Ketika dia pulang ke Indonesia dia membuat Taman Siswa sebagai tempat belajar dan diapun diangkat menjadi Menteri Pendidikan ketika Indonesia merdeka dan membuat Semboyan "Tut Wuri Handayani" yang artinya "Di Belakang memberi dorongan" , yang akhirnya semboyan itu digunakan di dunia pendidikan indonesia,sampai sekarang.

hari-pendidikan-nasional
Selain tut wuri handayani, ki hajar dewantara memiliki dua kata lagi untuk dunia pendidikan Indonesia, yaitu "ing ngarso sung tulodo" yang artinya "di depan memberi teladan" dan "ing madyo mangun karso" yang artinya "di tengah membangun karya"
Hari pendidikan nasional ini dijadikan momentum bagi semua tingkatan pendidikan seperti TK (Taman Kanak-Kanak) , SD (Sekolah Dasar) , SMP (Sekolah Menengah Pertama) , SMA (Sekolah Menengah Atas, PT (Perguruan Tinggi) dan Para Tenaga Pendidik (Guru,Dosen,Mentor dan Pejabat Pendidikan)

Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi Bangsa Indonesia yaitu :

Meskipun Indonesia sudah merdeka sejak 1945 namun kita masih bisa melihat, Indonesia belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak, kita semua tahu sekolah-sekolah pedalaman,sekolah perbatasan dan sekolah yang dananya dijadikan bahan korupsi bagi pihak yang tidak bertanggung jawab.
Maka dari itu pada Hari Pendidikan Nasional 2016 ini adalah momentun bagi seluruh lapisan yang memperhatikan pendidikan untuk memperjuangkan pendidikan yang layak bagi bangsa indonesia, mari kita lawan dan berantas korupsi di dunia pendidikan dan di tanah air kita, karena hal tersebut hanya akan meperbodoh bangsa ini dan bertentangan dengan kemauan UUD 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Mari bersama sama selamatkan generasi muda Indonesia,dengan cara meningkatkan mutu pendidikan indonesia dan memperjuangkan adik-adik yang putus sekolah,melalui hardiknas 2016 ini mari kita kobarkan semangat memperjuangkan pendidikan Indonesia.
Demikian Artikel Ampuh mengenai Makna Hari Pendidikan Nasional Bagi Bangsa Indonesia , semoga kita bisa perjuangkan hak-hak anak bangsa dalam dunia pendidikan, hidup wajib belajar, hidup pendidikan,hidup indonesia. MERDEKA.

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget