KKG Rayon 2 Kupang Nunding





1.    Uraian Kegiatan yang Memuat Nilai Dasar
Akuntabilitas nilai dasarnya kepemimpinan, melaksanakan kegiatan KKG dengan berusaha menciptakan lingkungan kelompok kerja yang kondusif sehingga peserta bersemangat dalam mengikuti semua materi yang diberikan.
Nasionalisme nilai dasarnya implementasi sila ke-4, selain pemberian materi kegiatan ini bersifat musyawarah guru kelas, bagaimana cara mengatasi masalah yang terjadi pada masing-masing sekolah.
Etika Publik nilai dasarnya melaksanakan kebijakan dan program pemerintah, dalam kegiatan ini sesuai instruksi kementrian pendidikan untuk segara memberikan materi tentang program GPO (Guru Pembelajar Online) pada setiap KKG, dan membuat komunitas KKG pada aplikasi GPO.
Komitmen Mutu nilai dasarnya Efesiensi, memberikan kemudahan untuk semua kepala sekolah dan guru pada KKG Rayon 2 Kupang Nunding dalam regestrasi akun GPO, karena ketua KKG secara langsung memberikan lembar cetak akun GPO untuk semua anggotanya dan anggota tinggal melakukan proses login saja, sehingga tidak ada pemborosan sumber daya.
Anti Korupsi  nilai dasarnya tanggung jawab, selaku ketua KKG saya bertanggung jawab untuk melakukan regestrasi akun GPO untuk semua anggota saya tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun juga.

 2.   Teknik Aktualisasi yang dipergunakan
Akuntabilitas dengan teknik Konsisten, terus menerus membimbing dan membantu rekan-rekan dalam memahami materi GPO, sehingga mereka semua mengerti dan mampu melaksanakannya secara mandiri.
Nasionalisme dengan teknik keadilan, bersikap adil dalam memberikan bimbingan materi GPO tanpa memandang jabatan, pangkat dan golongan.
Etika Publik dengan teknik berbagi informasi dan kerjasama, memberikan informasi tentang program GPO kepada semua anggota KKG secara terbuka dengan menggunakan bahasa yang santun. Dan bekerjasama dengan Instruktur Nasional/Mentor GPO dalam penyampain materi.
Komitmen Mutu dengan teknik inisiatif, berinisiatif untuk segera melakukan cetak akun GPO untuk semua anggota KKG, sampai saat ini di wilayah Kabupaten Tabalong hanya KKG Rayon 2 Kupang Nunding yang sudah melakukan cetak akun anggotanya.
Anti Korupsi  dengan teknik ketegasan, menolak semua imbalan dalam bentuk apapun dari anggota dalam hal proses cetak akun GPO.
.
3.    Deskripsi Proses Aktualisasi
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis tanggl 01 September 2016 bertempat di SDN 2 Pasar Batu, karena di sekolah kami ini adalah wilayah yang paling bagus sinyalnya se-Kecamatan Muara Uya dan Jaro, sehingga setiap kegiatan yang berhubungan dengan system online akan lebih mudah dilaksanakan di sini, hal ini sangat tepat dengan materi yang diberikan yaitu mengenai Program Guru Pembelajar Online, dalam kegiatan kali ini ada 2 tahapan materi, yang pertama adalah penyampaian materi Guru Pembelajar Online yang akan dibantu oleh Intruktur Nasional/Mentor GPO dari Kabupaten Tabalong yang kebetulan beliau adalah guru di SDN 2 Pasar Batu yaitu Bapak Mawardi, S.Pd. dan pada tahap yang kedua adalah bimbingan untuk login akun akun GPO dan uji coba proses Daring (dalam Jaringan) secara online dengan menggunakan hotspot selulur saya sendiri untuk 10 orang dan sisanya memakai modem sendiri. Penyampaian materi dilakukan dengan sejelas-jelasnya agar semua peserta dapat memahami tentang program GPO ini. Setelah semua akun anggota saya cetak (sebanyak 42 orang) kemudian lembar akun itu saya bagikan sesuai nama yang tercantum pada lembar tersebut, namun ada beberapa anggota yang tidak bisa berhadir karena kebetulan pada hari itu juga ada acara Rapat PGRI di kecamatan Muara Uya,  agar semua anggota bisa melakukan login akun GPO dengan menggunakan UserID dan Password yang tertera pada lembar akun tersebut. Setelah semua anggota melakukan login maka secara otomatis akan muncul Raport Guru sewaktu mengikuti UKG tahun 2015 kemarin, dari raport inilah akan diketahui berapa modul yang tidak lulus dan harus mengulangnya pada program GPO ini, total modulnya adalah 10 Modul, setiap 2 modul akan dilaksanakan selama 1 tahun, artinya apabila ada guru yang tidak lulus 6 modul maka dia harus mengikuti program GPO ini selama 3 tahun, dalam program GPO ini ada 3 jenis model pembelajaran, yang pertama adalah model Daring Penuh (dalam Jaringan) artinya guru belajar dan ujian secara online dengan bimbingan pengampu(tidak lulus 3-5 modul), yang kedua model Daring Kombinasi adalah guru belajar dan ujian secara online dan tatap muka dengan mentor(tidak lulus 6-7 modul), dan yang ketiga model tatap muka adalah guru belajar dan ujian dibawah bimbingan mentor saja (tidak lulus 8-10 modul). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala dan Pengawas SD UPT Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya-Jaro.

4.    Manfaat Kegiatan
Kegiatan ini akan membuat guru lebih mandiri dalam belajar, lebih disiplin dalam mengajar dan akan menciptakan peningkatan mutu pendidikan serta guru akan semakin terampil, ini sesuai dengan visi misi sekolah.

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget