Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan






1.  Uraian Kegiatan yang Memuat Nilai Dasar
Akuntabilitas nilai dasarnya Kepemimpinan, menunjukkan sikap kepemimpinan saat melatih pramuka dengan menunjukkan sikap-sikap yang baik dan tegas.
Nasionalisme nilai dasarnya Implementasi sila ke-3, Dalam melatih pramuka tidak membeda-bedakan siswa berdasarkan suku, agama,ras dan status social, sehingga hal tersebut dapat menjadi landasan untuk menanamkan rasa persatuan.
Etika Publik nilai dasarnya Mengutamakan Kepemimpinan Berkualitas Tinggi dan Transparan, mempertanggungjawabkan tindakan dan kinerja saya dalam melatih pramuka kepada atasan dan masyarakat, khususnya orang tua siswa jika terjadi sesuatu hal dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Komitmen Mutu nilai dasarnya menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, mengisi materi dengan mempraktekkan Pelatihan PBB yang sesuai dengan buku pedoman pelatihan PBB yang saya dapatkan dari pengasuh sewaktu Diklat prajabatan tadi, agar menghasilkan siswa yang cakap pramuka dan berkualitas.
Anti Korupsi nilai dasarnya disiplin, berhadir ke sekolah sebelum kegiatan dimulai dengan tujuan memberikan contoh yang baik kepada siswa untuk disiplin, tanpa mengaharapkan pujian dari pihak manapun.

2.  Teknik Aktualisasi yang dipergunakan
Akuntabilitas dengan teknik keteladanan, yakni selalu memberikan contoh yang baik daam sikap, tutur kata dan penampilan untuk dapat menjadi contoh dan teladan bagi siswa.
Nasionalisme dengan teknik persatuan, memberi perlakuan yang sama serta tidak membedakan siswa. Dengan persatuan dan persamaan di antara siswa maka tidak akan ada siswa yang merasa istimewa ataupun dikucilkan.
Etika Publik dengan teknik pembiasaan, yakni selalu membiasakan siswa menerapkan nilai –nilai dalam ideologi Pancasila tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Komitmen Mutu dengan teknik pengoptimalan, yakni melatih PBB secara optimal sehingga menghasilkan siswa yang cakap pramuka dan produk yang berkualitas tinggi.
Anti Korupsi dengan teknik ketepatan waktu, yakni berhadir sebelum acara dimulai sehingga pelaksanaan kegiatan yang akan dilakukan tepat waktu sehingga siswa menjadi ikut terbiasa datang tepat waktu kapanpun dan dimanapun nantinya.

3.  Deskripsi Proses Aktualisasi
Kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari rabu jam 14.30 WITA.  Anggota pramuka adalah siswa kelas IV, V dan VI. Memulai kegiatan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh kakak dari DKR SMPN 3 Muara Uya dengan diawasi oleh Pembina Pramuka. Setelah upacara pembukaan siswa menerima materi dari pelatih pramuka. Kegiatan pramuka pada hari itu adalah mengajarkan materi tentang Dasa Darma Pramuka di mana Dasa Darma menjadi patokan bagaimana seharusnya pramuka itu bersikap.
Setelah istirahat, persiapan untuk kegiatan praktek PBB yang dipimpin oleh pembina pramuka bersama DKR . Materi PBB kali ini adalah bagaimana itu sikap sempurna, sikap istirahat, gerakan jalan di tempat, lencang kanan/kiri dan lencang depan dan hormat. Kesemua materi PBB di praktekkan kepada siswa secara optimal dengan tujuan siswa dapat memahami dan menguasai dengan baik bagaimana gerakan dan sikap yang benar dalam PBB.. Setelah pelatihan PPB berakhir, kegiatan pramuka ditutup dengan menyanyikan lagu sayonara sambil bersalaman.

4.  Manfaat Kegiatan
Manfaat dari melaksanakan kegiatan pramuka yang dilakukan maka akan mengajarkan siswa untuk selalu berdisiplin, menanamkan nilai-nilai ideologi pancasila dan mematuhi dasa dharma. sebagai pembina pramuka, kita dapat memberikan contoh teladan kepada siswa    hingga menghasilkan SDM yang berkualitas. Hal ini ikut mendorong tercapainya visi sekolah untuk membentuk siswa yang cerdas dan terampil serta menanamkan jiwa mandiri.

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget