Ketika Guru Malas Mengajar


Masih banyak guru di sekolah sekolah di kota besar ataupun di desa sekalipun yang malas-malasan dalam memberikan pendidikan kepada para murid.

Dan banyak juga faktor-faktor yang menyebabkan guru menjadi malas dalam mengajar.Pertama, rendahnya penguasaan materi pelajaran. Jika guru tersebut tidak menguasai materi pelajaran yang ia ajari, ia akan kesuliatan menghadapi siswa-siswinya di kelas. Pada akhirnya apabila persoalan ini tidak ditanggulangi dengan segera, maka akan mengakibatkan guru malas masuk mengajar.

Kedua, tidak menguasai metode mengajar. Penguasaan materi pelajaran saja tidak cukup. Guru juga harus mempunyai kemampuan mengajar yang baik. Minimnya variasi mengajar guru mengakibatkan siswa cepat bosan. Kebosanan siswa pada akhirnya akan menjangkiti guru.

Ketiga, pengaruh lingkungan. Seorang guru muda baru lulus dan memiliki semangat mengajar yang tinggi secara tidak sadar dapat menjadi guru pemalas apabila berada pada sekolah yang tidak disiplin. Masuk atau tidak masuk kelas tidak pernah dipermasalahkan. Berada di lingkungan yang demikian akan membuat seorang guru idealis menjadi guru pemalas.

Keempat, faktor keluarga. Alasan keluarga tidak jarang membuat seorang guru tidak masuk kelas untuk memenuhi kewajibannya memberikan pelajaran kepada siswa-siswinya. Anak si guru yang sakit secara tiba-tiba, sementara si guru tidak punya siapa-siapa untuk membawa si anak ke rumah sakit.

Kelima, guru memiliki usaha lain yang lebih menjanjikan secara finansial. Dengan adanya usaha sampingan ini membuat guru kehilangan fokus terhadap profesi utamanya sebagai pengajar. Mengajar hanya dijadikan pekerjaan sampingan, sementara bisnis atau usahanyalah yang diutamakan.

SARAN

Seharusnya semua guru yang ada di Indonesia entah itu ia mengajar di pedalaman desa atau di tengah kota besar harus bisa professional dan mempunyai komitmen dengan pekerjaan/profesi utamanya tersebut yaitu menjadi guru,

HARAPAN

Semoga guru guru di masa depan dapat menjadi teladan para murid nya, bukan hanya cara mengajarnya yang membuat para murid semangat dalam belajar tapi juga kepribadiannya yang baik, dapat menjadi guru yg lebih professional agar generasi generasi selanjutnya dapat berkembang dan menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget