Jenis-jenis Metode Pembelajaran Update 2016

Guru menjadi tolak ukur keberhasilan dalam mengajar. Kemanakah anak akan dibawa, tentunya guru yang mensetting alur pembelajaran. Ibarat mobil adalah siswa, maka guru sebagai sopirnya. Berbicara tentang metode banyak sekali jenis dan macamnya. Dan di setiap metode sudah pasti memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri.


Tetapi apakah anda sudah mengetahui apa arti dari metode pembelajaran? Jika anda belum paham silahkan anda baca sejenak. Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

Selanjutnya, menurut Nana Sudjana(dalam buku Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, 1989:78 – 86), terdapat bermacam-macam metode dalam pembelajaran, yaitu akan dijabarkan sebagai berikut :

Di bawah ini akan dijabarkan Metode Pembelajaran, yaitu:

1.  Metode ceramah
Metode ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan pendidik. Metode ini dilakukan dengan cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung oleh guru kepada siswa.

2.  Metode Demonstrasi

Metode ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara menyajikan pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan suatu proses, situasi, atau benda tertentu, baik sebenarnya, maupun tiruan, sehingga pelajaran yang diajarkan akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

3.  Metode Diskusi

Metode diskusi yaitu metode pembelajaran yang dilakukan guru dengan cara memberikan siswa sebuah permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa, serta untuk membuat suatu keputusan. 

4.  Metode Simulasi

Metode ini dimaksudkan untuk memahami konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu dengan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan. Jenis-jenis simulasi yaitu:
- Simulasi sosiodrama, yaitu metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial.
- Simulasi psikodrama, yaitu metode pembelajaran dengan bermain peran yang bertitik tolak dari permasalahan-permasalahan psikologis.
-  Simulasi role playing, yaitu metode pembelajaran bermain peran sebagai bagian dari simulasi yang di arahkan untuk rekreasi peristiwa sejarah, peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa yang akan datang (Sanjaya, 2006: 18-22).

5.  Metode Belajar sambil Bermain

yaitu metode yang menggunakan berbagai permainan dalam proses pembelajaran. Permainan tersebut diantaranya bisa dibuat sendiri dengan menggunakan alat dan bahan sederhana sehingga siswa tertarik dan senang dalam belajar. Dan dalam pembuatan permainan tersebut harus dikaitkan dengan psikologis siswa, baik kognitif, afektif, maupun psikomotor.

6.  Metode Resitasi

Metode Resitasi adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri. Dengan metode resitasi ini siswa akan memberanikan diri menulis dengan caranya sendiri, bertanggung jawab dengan hasil tulisannya dan akan selalu ingat dengan materi yang diajarkan.

7.  Metode Eksperimental

Yaitu suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

8.  Metode Study Tour (Karya wisata)

Yaitu suatu metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek-obyek wisata guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh guru.

9.  Metode Latihan Keterampilan

Metode ini merupakan suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat keranjang dari bambu, dan lain-lain).

10.  Metode Pengajaran Beregu

Yaitu sebuah metode mengajar yang mana pendidiknya lebih dari satu orang yang masing-masing mempunyai tugas tertentu. Biasanya salah seorang pendidik ditunjuk sebagai kordinator.
 

11. Metode Pemecahan Masalah

Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir untuk menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa. Seorang guru harus pandai-pandai merangsang siswanya untuk mencoba mengeluarkan pendapatnya.



12. Project Method

Metode ini adalah metode perancangan adalah suatu metode mengajar dengan meminta peserta didik merancang suatu proyek yang akan diteliti sebagai obyek kajian.

Update !!!


13. Metode tanya jawab


Metode Tanya Jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat ywo way traffic, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.
 

14. Metode latihan (drill)


Metode latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan  kegiatan  latihan  agar  memiliki  ketangkasan  atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
 

15. Metode Sosiodrama


Metode  yang  digunakan  untuk  mengajarkan  nilai-nilai  dan  memecahkan masalah- masalah  yang  dihadapi  dalam  hubungan  sosial  dengan  orang-orang  di  lingkungan  keluarga,  sekolah  maupun  masyarakat.  Dalam pelaksanaannya  siswa  diberikan  peran  tertentu  dan  melaksanakan  peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas. (Ibrahim, 2003: 107). 

Demikian Metode Pembelajaran Terbaru yang di kutip dari berbagai sumber. Semoga dengan adanya metode-metode tersebut siswa tidak bosan dan selalu semangat dengan pelajaran anda. Semoga bermanfaat dan terimaksih.
[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget