Guru
berperan sebagai media dalam pembelajaran sekaligus pelaku
pembelajaran. Guru merupakan kunci dari berhasil tidaknya suatu
pembelajaran di dalam kelas. Selain itu guru juga harus mempunyai
strategi dan memahami metode-metode yang efektif ketika mengajar.
Namun tahukan anda apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran?
Berikut ini merupakan ulasan dari pengertian tersebut:
A. Pengertian Metode
1. Menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly
Metode
menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam bukunya Kapita Selekta
Pendidikan Islam, (1999:114) berasal dari kata meta berarti melalui, dan
hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai
suatu tujuan.
2. Menurut Depag RI
Menurut
Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001:19) Metode
berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu
kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
3. Menurut WJS. Poerwadarminta
Berbeda
dengan pendapat WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
(1999:767), WJS. Poerwadarminta mengatakan bahwa metode adalah cara
yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.
Dari
ketiga pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa metode adalah jalan
atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
B. Pengertian Pembelajaran
Mengajar
adalah suatu usaha yang sangat kompleks, sehingga sulit
menentukan bagaimana sebenarnya mengajar yang baik. Sedangkan metode
adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dan pembelajaran
dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru
sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang
lebih baik (Darsono, 2000: 24).
1. Menurut Ahmadi
Menurut
Ahmadi (1997: 52) metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan
tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau
instruktur. Pengertian lain mengatakan bahwa metode pembelajaran
merupakan teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk
mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam
kelas, baik secara individual ataupun secara kelompok agar
pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh
siswa dengan baik.
2. Menurut Gagne, Briggs, dan Wagner
Sedangkan
Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008)
berpendapat bahawa metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang
dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
3. Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
Berbeda
lagi menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, yang mengartikan
pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan
sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
Jadi
pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik
dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan
bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan
ilmu dan pengetahuan. Jadi dapat dikatakan Teori belajar merupakan upaya
untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita
semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar.
Berdasarkan
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud metode
pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk
menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat
dicapai.
Selain
itu dapat juga disimpulkan bahwa metode pembelajaran adalah
strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai media untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini
mendorong seorang guru untuk mencari metode yang tepat dalam
penyampaian materinya agar dapat diserap dengan baik oleh siswa.
Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan
penggunaan metode mengajarBaca juga : Jenis-jenis Metode Pembelajaran