Pengertian Metode Pembelajaran


Guru berperan sebagai media dalam pembelajaran sekaligus pelaku pembelajaran. Guru merupakan kunci dari berhasil tidaknya suatu pembelajaran di dalam kelas. Selain itu guru juga harus mempunyai strategi dan memahami metode-metode yang efektif ketika mengajar.
 
Namun tahukan anda apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? 
Berikut ini merupakan ulasan dari pengertian tersebut:
 

A. Pengertian Metode

1. Menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly

Metode menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam bukunya Kapita Selekta Pendidikan Islam, (1999:114) berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan.
 

2. Menurut Depag RI

Menurut Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001:19)  Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan.
 

3. Menurut WJS. Poerwadarminta

Berbeda dengan pendapat WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999:767), WJS. Poerwadarminta mengatakan bahwa metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.
 
Dari ketiga pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa metode adalah jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
 

B. Pengertian Pembelajaran

Mengajar  adalah  suatu  usaha  yang  sangat  kompleks,  sehingga  sulit menentukan bagaimana sebenarnya mengajar yang baik. Sedangkan metode adalah salah satu  alat  untuk  mencapai  tujuan.  Dan pembelajaran dapat diartikan sebagai  suatu kegiatan  yang  dilakukan  oleh  guru  sedemikian  rupa  sehingga  tingkah  laku siswa berubah ke arah yang lebih baik (Darsono, 2000: 24).
 

1. Menurut Ahmadi

Menurut Ahmadi (1997:  52) metode  pembelajaran  adalah  suatu  pengetahuan  tentang  cara-cara mengajar  yang  dipergunakan  oleh  guru  atau  instruktur.  Pengertian  lain mengatakan  bahwa  metode  pembelajaran  merupakan  teknik  penyajian  yang dikuasai  oleh  guru  untuk  mengajar  atau  menyajikan  bahan  pelajaran  kepada siswa  di  dalam  kelas,  baik  secara  individual  ataupun  secara  kelompok  agar pelajaran  itu  dapat  diserap,  dipahami  dan  dimanfaatkan  oleh  siswa  dengan baik.
 

2. Menurut Gagne, Briggs, dan Wagner

Sedangkan Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) berpendapat bahawa metode pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
 

3. Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas

Berbeda lagi menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, yang mengartikan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.
 
Jadi pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan. Jadi dapat dikatakan Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar.
 
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
 
Selain itu dapat juga disimpulkan  bahwa  metode  pembelajaran  adalah  strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagai media untuk mencapai tujuan pembelajaran  yang  telah  ditetapkan. Hal  ini  mendorong  seorang  guru  untuk mencari metode  yang tepat dalam penyampaian  materinya agar dapat diserap dengan  baik  oleh  siswa.  Mengajar  secara  efektif  sangat  bergantung  pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar

Baca juga : Jenis-jenis Metode Pembelajaran
[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget