APLIKASI ELEKTRONIK SASARAN KERJA PEGAWAI TAHUN 2017

PANDUAN PENGGUNAAN
APLIKASI ELEKTRONIK SASARAN KERJA PEGAWAI
(SKPE/e-SKP)

A. Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai
Aplikasi Elektronik Sasaran Kerja Pegawai (e-SKP) Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung kinerja
dari seorang pegawai dalam jabatan yang diampunya di lingkungan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses perhitungan realisasi SKP
mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang
Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil yang Ketentuan
Pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor
1 Tahun 2013. Aplikasi SKP meliputi proses penyusunan SKP dan
realisasinya, penilaian perilaku kerja, dan menampilkan hasil kinerja dari
masing-masing pegawai.
Aplikasi SKP dapat diakses menggunakan web browser seperti internet
explorer, firefox, dan crhom pada laman http://skp.sdm.kemdikbud.go.id.
Pegawai yang dapat menggunakan aplikasi SKP adalah Pegawai Negeri Sipil
(PNS) yang tercatat dalam database kepegawaian Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. Untuk melakukan pembaruan database kepegawaian
tersebut dapat dilakukan oleh user dari pengelola kepegawaian di masingmasing
unit kerja yang ditunjuk melalui laman
http://data.sdm.kemdikbud.go.id.
Periode Pengisian SKP dilakukan pada awal tahun di bulan Januari yaitu pada
minggu 1 s.d. 3 dan Persetujuan Pejabat Penilai dapat dilakukan pada minggu
terakhir bulan Januari. Sistem akan secara otomatis menyimpan hasil SKP
pada tahun sebelumnya saat berganti tahun penilaian.
Berikut tampilan awal laman http://skp.sdm.kemdikbud.go.id:

B. Memulai Aplikasi e-SKP
Pada gambar 1 di atas tampak kolom Login Pegawai untuk masuk ke dalam
aplikasi e-SKP. Silahkan masukkan NIP dan Password kemudian klik tombol
Login seperti contoh pada gambar berikut:

Apabila login berhasil maka akan tampil halaman awal seperti gambar
berikut:

Pada halaman login awal terdapat tampilan pilihan menu yaitu Beranda, SKP
dan Perilaku Kerja, Penilaian & Validasi, User Panel, dan Logout.
Berikut penjelasan masing-masing menu:
 Beranda, adalah menu untuk menampilkan halaman awal login pegawai,
berisi informasi umum terkait kinerja dari pegawai dan laporan kinerja
pegawai;
 SKP dan Perilaku Kerja, adalah menu untuk menampilkan halaman
pengisian Rencana SKP, Realisasi Capaian SKP, dan Perilaku Kerja:
Gambar 2 Kolom Pengisian Login Pegawai
Gambar 3 Halaman Login
 Rencana SKP, digunakan untuk merekam rencana kerja tahunan dari
pegawai;
 Realisasi Capaian SKP, digunakan untuk merekam hasil dari realisasi
kerja pegawai;
 Perilaku Kerja, digunakan untuk melihat hasil penilaian perilaku
kerja pegawai;
 Penilaian dan Validasi, adalah menu untuk menampilkan hasil
penilaian pegawai dan untuk melakukan perekaman hasil penilaian
pegawai (khusus bagi pejabat penilai);
 User Panel, adalah menu untuk menampilkan hasil penilaian pegawai
dan untuk melakukan perekaman hasil penilaian pegawai.

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget