RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan :
SDN2 PASAR BATU
Kelas/Semester :
V/1 (satu)
Tema/Subtema :
Benda-benda di lingkungan Sekitar/Wujud benda dan Cirinya
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (7 x 35 Menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima, Menjalankann
dan Menghargai Agama yang Dianutnya.
2.
Menunjukan Perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami Pengetahuan Faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,menanya,dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk
ciptaan Tuhan dan Kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, disekolah, dan
tempat bermain.
4.
Menyajikan pengatahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan
kritis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berahlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar Bahasa Indonesia
1.1
|
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan
bangsa dan lingkungan alam
|
2.4
|
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap
bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta
kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
|
3.1
|
Menggali Impormasi dari teks laporan buku tentang
makanan rantai makanan, kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh
kegiatan manusia dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
|
4.2
|
Mengamati,mengolah dan menyajikan teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan kesehatan
manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata.
|
Indikator
3.1.1
|
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam
dan pengaruh kegiatan manusia.
|
4.2.1
|
Membuat pertanyaan tentang perubahan alam
berdasarkan teks.
|
4.2.2
|
Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel
menganal perubahan alam dan keseimbangan ekosistem
yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.
|
Kompetensi Dasar Matematika
1.1
|
Menerima ajaran agama yang dianutnya.
|
2.1
|
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan
mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
|
3.2
|
Memahami berbagai bentuk pecahan Pecahan biasa,Campuran,desimal,dan
persen serta dapat mengubah bilangan pecahan menjadi
bilangan desimal serta melakukan perkalian dan pembagian.
|
4.1
|
Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan,pengurangan perkalian dan pembagian dua buah pecahan
yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
|
Indikator
3.2.1
|
Mengenal bentuk pecahan biasa
|
3.2.2
|
Mengenal bentuk pecahan Campuran
|
3.2.3
|
Mengenal bentuk pecahan desimal
|
3.2.4
|
Membedakan bentuk pecahan biasa,campuran,desimal dan
persen.
|
4.1.1
|
Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa,Desimal
dan persen.
|
Kompetensi Dasar IPS
1.1
|
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
|
1.2
|
Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi
internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan
politik
|
3.1
|
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang,
konektivitas antar ruang dan waktu serta
beberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan
budaya dalam lingkup nasional.
|
4.1
|
Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan
keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam
lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia.
|
Indikator
3.1.1
|
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam ruang dibidang sosial dalam Lingkup Nasional.
|
3.1.2
|
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan Manusia dan
perubahannya dalam ruang dibidang
Ekonomi dalam lingkup Nasional.
|
3.1.3
|
Mengidentifikasi aktivitas Kehidupan Manusia dan
peubahannya dalam Ruang lingkup Nasional.
|
3.1.4
|
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan
perubahannya dalam ruang di bidang budaya dalam lingkup
Nasional.
|
4.1.1
|
Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk
tabel hasil identifikasi tentang identifikasi tentang
identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
melihat dan mengamati gambar orang membuang sampah kesungai,siswa dapat
menemukan
2. Contoh perilaku manusia yang perilaku manusia
manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan teliti.
3. Dengan
kegiatan eksplorari perubahan alam, siswa mampu mengidentifikasi perubahan alam
yang berdampak pada manusia dengan cermat.
4. Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan.
5. Dengan
Membaca teks tentang perubahan wujud benda,siswa dapat menuliskan kosakata baku
dan tidak baku beserta artinya dengan
tepat.
6. Dengan
latihan penyelesaian soal tentang pecahan,siswa dapat mengubah bentuk pecahan campuran desimal dan persen.
D.Materi
Pembelajaran
1. Perubahan
Wujud benda
2. Pecahan
Biasa,Campuran, Persen, dan
desimal
3. Kosakata
Baku dan Tidak Baku.
E. Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mencoba/eksperimen, menalar,
Mengkomunikasikan/menyampaikan isi.
F. Metode Pembelajaran & Model
Pembelajaran
1. Metode : Diskusi, tanya
jawab, pengamatan.
2. Model : Problem Based Learning
G. Media dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar tentang
perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, teks bacaan “Perubahan Wujud Benda”, LCD Proyektor.
2.
Sumber
belajar
a) Kemendikbud. 2013. Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V ( buku siswa ). Tema 1 “Benda-benda Dilingkungan
Sekitar”. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 1
b) Kemendikbud. 2013. Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V ( buku guru ). Tema 1 “Benda-benda Dilingkungan
Sekitar”. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 1
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
1.
Siswa berdoa bersama dipimpin salah
satu siswa
2.
Guru memberikan apersepsi
melalui mengajukan pertanyaan sebagai berikut :
Ø “Anak-anak, pernahkan kalian kesungai?”
Ø “Apa saja yang kalian temukan disungai tersebut?”
Ø “Bagaimana kondisi sungai yang kalian kunjungi?”
3.
Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
mengamati gambar yang menunjukan perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan (Mengamati)
2.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku
tentang gambar-gambar tersebut (mengamati, menalar)
3.
Siswa menjawab pertanyaan pada buku
siswa sesuai hasil Pengamatan.
4.
Guru Melakukan penilaian menggunakan
rubrik pengamatan Gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5.
Siswa melakukan pengamatan dan
mengidentifikasi perubahan Perubahan yang terjadi di alam yang memiliki
dampak bagi Kehidupan manusia. Harapannya
siswa dapat memiliki kepekaan dan
kepedulian terhadap lingkungan sekitar (mengamati, menanya)
6.
Siswa menyajikan hasil pengamatan dan
identifikasinya kedalam tabel (menalar, mengkomunikasikan)
7.
Guru mengkonfirmasikan
dan mengapresisi jawaban siswa (menalar, mengkomunikasikan)
8.
Siswa membaca teks “aneh Kenapa
begitu?’ Secara bergantian ( Mencoba.)
9.
Selesai membaca,siswa menuliskan pada
tabel contoh kosakataBaku dan tidak baku yang terdapat pada
bacaan.(mengamati, Menanya, mencoba, menalar,
mengkomunikasikan )
10.
Siswa membaca,siswa menuliskan informasi-informasi
yang terdapat pada bacaan dan
contoh-contoh yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. (mengamati.menanya, mencoba,menalar, Mengkomunikasikan)
11.
Siswa membentuk kelompok beranggotakan
3-4 orang dan Berdiskusi untuk mengidentifikasi perubahan alam dilingkungan tempat
tinggalnya (Mengamati, menanya, mencoba, menalar,
mengkomunikasikan.
12.
Guru Melakukan Penilaian
13. Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi pembagian roti
dan buah jeruk siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan
tanggapan. (mengamati, menalar, Mengkomunikasikan)
14.
Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa
menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi
bentuk pecahan biasa. (mengamati, mencoba, menalar)
15.
Siswa bersama teman sebangku membahas
hasil latihan. Guru melakukan
nonfirmasi (mengamati, menanya, mencoba, menalar, Mengkomunikasikan)
16.
Mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan
biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen
menjadi bentuk pecahan biasa Mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
17.
Siswa bersama teman sebangku membahas
hasil latihan. Guru melakukan
Komfirmasi (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
18.
Siswa memahami konsep mengubah bentuk pecahan desimal menjadi
bentuk pecahan biasa. (Mengamati, menanya, mencoba, mengkomunikasikan)
19.
Siswa dengan teman sebangku membahas
hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan).
|
220 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat kesimpulan
tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa,
campuran, desimal, dan persen.
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi
kegiatan belajar hari ini.
Ø Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Ø Materi apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
Ø Materi apa yang masih belum kamu pahami dengan baik ?
3. Guru melakukan evaluasi
4. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR kepada siswa yaitu :
v Tulislah 1 hal yang pernah kamu rasakan tentang perubahan alam
didaerah tempat tinggalmu, kemudian buatlah cerita dari apa yang telah kamu
rasakan!
5.
Siswa memimpin doa diakhir
pembelajaran.
|
15 Menit
|
Penilaian
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin
tahu,Percaya diri, Peduli terhadap
lingkungan dan
budaya sekitar.
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penilaian
Keterampilan. : Unjuk kerja.
2. Bentuk
instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
No
|
Nama siswa
|
Sikap
|
||||||||
Rasa ingin tahu
|
Percaya diri
|
Peduli Terhadap lingkungan dan Budaya
|
||||||||
Belum tampak
|
tampak
|
Menonjol
|
Belum tampak
|
tampak
|
Menonjol
|
Belum tampak
|
Tampak
|
Menonjol
|
||
( Catatan : Berilah
tanda centang pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing Siswa)
Post a Comment