Media Pelajaran Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema Benda di Lingkungan Sekitar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : SDN2 PASAR BATU
Kelas/Semester : V/1 (satu)
Tema/Subtema : Benda-benda di lingkungan Sekitar/Wujud benda dan Cirinya
Pembelajaran   : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (7 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, Menjalankann dan Menghargai Agama yang Dianutnya.
2.      Menunjukan Perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami Pengetahuan Faktual dan konseptual dengan cara mengamati,menanya,dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahluk ciptaan Tuhan dan Kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, disekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengatahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dan dalam tindakan yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.4
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta  kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1
Menggali Impormasi dari teks laporan buku tentang makanan rantai makanan, kesehatan manusia,   keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2
Mengamati,mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata.
Indikator
3.1.1
Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
4.2.1
Membuat pertanyaan tentang perubahan alam berdasarkan teks.
4.2.2
Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel menganal perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia.
Kompetensi Dasar Matematika
1.1
Menerima ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.2
Memahami berbagai bentuk pecahan Pecahan biasa,Campuran,desimal,dan persen serta dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal serta melakukan perkalian dan pembagian.
4.1
Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan,pengurangan perkalian dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator
3.2.1
Mengenal bentuk pecahan biasa
3.2.2
Mengenal bentuk pecahan Campuran
3.2.3
Mengenal bentuk pecahan desimal
3.2.4
Membedakan bentuk pecahan biasa,campuran,desimal dan persen.
4.1.1
Menyelesaikan soal latihan pecahan biasa,Desimal dan persen.
Kompetensi Dasar IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
1.2
Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta  beberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional.
4.1
Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumbersumber yang tersedia.
Indikator
3.1.1
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang dibidang sosial dalam Lingkup Nasional.
3.1.2
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan Manusia dan perubahannya dalam  ruang dibidang Ekonomi dalam lingkup Nasional.
3.1.3
Mengidentifikasi aktivitas Kehidupan Manusia dan peubahannya dalam Ruang lingkup Nasional.
3.1.4
Mengidentifikasi aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang budaya dalam lingkup Nasional.
4.1.1
Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang identifikasi tentang identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
C. Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan melihat dan mengamati gambar orang membuang sampah kesungai,siswa dapat menemukan
2.    Contoh  perilaku manusia yang perilaku manusia manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan teliti.
3.    Dengan kegiatan eksplorari perubahan alam, siswa mampu mengidentifikasi perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
4.    Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan.
5.    Dengan Membaca teks tentang perubahan wujud benda,siswa dapat menuliskan kosakata baku dan  tidak baku beserta artinya dengan tepat.
6.    Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan,siswa dapat mengubah bentuk  pecahan campuran desimal dan persen.
D.Materi Pembelajaran
1.    Perubahan Wujud benda
2.    Pecahan Biasa,Campuran, Persen, dan desimal
3.    Kosakata Baku dan Tidak Baku.
E. Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba/eksperimen, menalar, 
                        Mengkomunikasikan/menyampaikan isi.
F. Metode Pembelajaran & Model Pembelajaran
    1. Metode    : Diskusi, tanya jawab, pengamatan.
    2. Model      : Problem Based Learning
G. Media dan Sumber Pembelajaran
1.    Media
Gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, teks bacaan “Perubahan Wujud Benda”, LCD Proyektor.
2.    Sumber belajar
a)      Kemendikbud. 2013. Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V ( buku siswa ). Tema 1 “Benda-benda Dilingkungan Sekitar”. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 1
b)      Kemendikbud. 2013. Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V ( buku guru ). Tema 1 “Benda-benda Dilingkungan Sekitar”. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal. 1
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Kegiatan Pembuka
1.    Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2.    Guru memberikan apersepsi melalui mengajukan pertanyaan sebagai berikut :
Ø “Anak-anak, pernahkan kalian kesungai?”
Ø “Apa saja yang kalian temukan disungai tersebut?”
Ø “Bagaimana kondisi sungai yang kalian kunjungi?”
3.    Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar yang menunjukan perilaku yang tidak selaras  dengan lingkungan  (Mengamati)
2.      Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang gambar-gambar tersebut (mengamati, menalar)
3.      Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa sesuai hasil Pengamatan.
4.      Guru Melakukan penilaian menggunakan rubrik pengamatan Gambar untuk mengetahui ketercapaian siswa.
5.      Siswa melakukan pengamatan dan mengidentifikasi perubahan Perubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi Kehidupan manusia. Harapannya siswa dapat memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar (mengamati, menanya)
6.      Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya kedalam tabel (menalar, mengkomunikasikan)
7.      Guru mengkonfirmasikan dan mengapresisi jawaban siswa (menalar, mengkomunikasikan)
8.      Siswa membaca teks “aneh Kenapa begitu?’ Secara bergantian ( Mencoba.)
9.      Selesai membaca,siswa menuliskan pada tabel contoh kosakataBaku dan tidak baku yang terdapat pada bacaan.(mengamati, Menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan )
10.  Siswa membaca,siswa menuliskan informasi-informasi yang  terdapat pada bacaan dan contoh-contoh yang berkaitan dengan perubahan wujud benda. (mengamati.menanya, mencoba,menalar,       Mengkomunikasikan)
11.  Siswa membentuk kelompok beranggotakan 3-4 orang dan Berdiskusi untuk mengidentifikasi perubahan alam dilingkungan tempat tinggalnya (Mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan.
12.  Guru Melakukan Penilaian
13.  Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep  pecahan melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan. (mengamati, menalar, Mengkomunikasikan)
14.  Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa. (mengamati, mencoba, menalar)
15.  Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan nonfirmasi (mengamati, menanya, mencoba, menalar,       Mengkomunikasikan)
16.  Mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa Mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
17.  Siswa bersama teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan Komfirmasi (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
18.  Siswa memahami konsep mengubah bentuk pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa. (Mengamati, menanya, mencoba, mengkomunikasikan)
19.  Siswa dengan teman sebangku membahas hasil latihan. Guru melakukan konfirmasi. (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan).
220 menit
Kegiatan
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang perubahan alam, perubahan wujud benda, pecahan biasa, campuran, desimal, dan persen.
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
Ø  Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Ø  Materi apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
Ø  Materi apa yang masih belum kamu pahami dengan baik ?
3.      Guru melakukan evaluasi
4.      Guru memberikan tindak lanjut berupa PR kepada siswa yaitu :
v  Tulislah 1 hal yang pernah kamu rasakan tentang perubahan alam didaerah tempat tinggalmu, kemudian buatlah cerita dari apa yang telah kamu rasakan!
5.      Siswa memimpin doa diakhir pembelajaran.
15 Menit
Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap             : Rasa ingin tahu,Percaya diri, Peduli terhadap
  lingkungan dan budaya sekitar.
b.      Penilaian pengetahuan  : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan.            : Unjuk kerja.
2.      Bentuk instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
No
Nama siswa
Sikap
Rasa ingin tahu
Percaya diri
Peduli Terhadap lingkungan dan Budaya
Belum tampak
tampak
Menonjol
Belum tampak
tampak
Menonjol
Belum tampak
Tampak
Menonjol
( Catatan : Berilah tanda centang pada kolom yang sesuai dengan sikap masing-masing Siswa)

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget