RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN 2 PASAR BATU
Kelas/ Semester :
1/ 1 (Satu)
Tema/ Subtema/ PB :
Diriku/ Aku dan Teman Baru/ 1
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKN
Kompetensi Dasar :
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.2
Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
4.2
Melaksanakan
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi aturan permainan
di sekolah
4.2.1 Menjalankan peraturan pada
permainan di Sekolah
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
persatuan serta sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2
Menerima keberadaan Tuhan Yang
Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di
alam sekitar.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan
sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
2.2
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian..
Indikator
:
3.4.1 Mengidentifikasi cara-cara
mengenalkan diri.
3.4.2 Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap.
4.4.1 Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan.
4.4.2 Menyebutkan nama teman.
SBDP
Kompetensi
Dasar :
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan dlam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
:
3.1.1 Mengidentifikasi cara menghias
kartu nama.
4.1.2 Memberi hiasan pada kartu
nama.
PJOK
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :
3.3.1 Mengidentifikasi gerakan melempar
bola sebagai gerak manipulatif
3.3.2 Melakukan gerakan melempar bola
4.3.2 Melakukan gerakan menangkap
bola
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui permainan lempar bola, siswa
dapat memeperkenalkan dir dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.
Dengan melakukan permainan siswa dapat
menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa
dapat menghias kartu nama dengan rapi.
D. Materi Pembelajaran
1.
Teman Baru.
2.
Menghias Kartu Nama
E. Mertode Pembelajaran
1.
Metode : Penugasan, ceramah, diskusi,
tanya jawab.
2.
Pendekatan : saintifik (mengamati,
menanya, menalar, dan mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
dan Alat
-
Bola plastik atau bola dari kertas bekas
yang dibuat menjadi bentuk bola.
-
Karton/ kertas/ kardus bekas seukuran
kartu nama.
-
Pensil warna/ spidol yang bisa digunakan
untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
-
Tali/ peniti/ alat lain untuk memasang
kartu nama.
2.
Sumber
Belajar
Irene, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 1 Tema 1 “Diriku” Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
(Pertemuan 1, 3 x 35 Menit)
Kegiatan
|
Deskrispsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak
siswa dengan berdinamika dengan menyanyikan lagu “Anak Baru”.
4. Menginformasikan
tema pembelajaran yaitu tentang “Diriku” dan Subtema “Aku dan Teman Baru”.
|
5
Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Pada awal pembelajaran, guru mengucapkan selamat
datang kepada siswa.
2.
Guru meminta siswa mengamati buku siswa dari hal
1-3.
3.
Guru menunjukkan cara berkenalan,
seperti yang dilakukan Edo dan Beni dibuku siswa halaman 3.
4.
Siswa diajak untuk saling
berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan
bermainnya. (Siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru
mencontohkan cara melempar dan menangkap bola secara benar).
5.
Permainan dimulai dari guru
dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak .....
kemudian, nama panjang ..... biasa dipanggil Ibu/ Bapak ..... kemudian,
melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras).
6.
Siswa yang menangkap bola harus
menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya. Kemudian, dia melempar kepada
teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan
nama panggilan .
7.
Demikian seterusnya hingga
seluruh siswa memeperkanalkan diri.
8.
Setelah siswa memperkenalkan
diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama
temannya di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
9.
Siswa tetap berada pada posisi lingkaran.
Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “
Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan temannya tersebut,
menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10.
Kegiatan ditutup dengan diskusi
pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru
memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
11.
Setelah diskusi tentang
pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama
teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
12.
Guru menyampaikan bahwa siswa
akan membuat kartu nama.
13.
Guru membagikan
potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
14.
Guru membagikan kertas
bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh
untuk menulis.
15.
Lalu, siswa diminta menuliskan
namanya dikarton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka
masing-masing.
16.
Setelah itu, guru menjelaskan
bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di Sekolah atau
dipajang di kelas.
|
15
menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.
Melakukan penilaian hasil belajar.
4.
Mengaja semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
a.
Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap
duduknya, cara membacanya, cara melafalnya, dsb).
b.
Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdo’a lebih
disempurnakan.
|
15
Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan dan budaya
sekitar.
-
Siswa saling memperkenalkan diri mereka
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
b. Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis.
Tes Tertulis (Skor 100)
1.
Hiaslah kartu nama dengan rapi!
2.
Sebutkan 3 aturan permainan!
3.
Apa manfaat berteman!
c. Penilaian
Keterampilan : Unjuk kerja
1.
Memperkenalakan diri
Penilaian
: Unjuk Kerja
Rubrik
Penilaian Perkenalan Dengan Teman di Kelas
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
|
|||||||||||
Kemampuan
Memperkenalkan Diri
|
Kemampuan
Menjalankan Peraturan Pada Permainan
|
Kemampuan
Melakukan Gerakan Melempar dan Menangkap
|
|||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
2.
Kartu Nama
NO
|
Nama
Siswa
|
Komponen
Kartu Nama
|
Jumlah
Warna yang Digunakan
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
Tugas : Belajar di rumah
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Orang
tua meminta siswa menyebutkan nama-nama teman barunya di sekolah.
Post a Comment