RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 2 PASAR BATU
Tema
: Hidup Bersih dan Sehat
Sub
Tema : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran
: 1
Kelas
/ Semester : II / Ganjil
Alokasi
Waktu : 5 JPL (5x35 menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya..
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar
PPkN
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan
sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujud an moral Pancasila
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga dan sekolah
Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal
teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
4.6 Mengurai
unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
PPkN
1.1.1
Menghargai
keberagaman perbedaan di lingkungan rumah
2.1.1 Menunjukkan
perilaku toleransi terhadap keberagaman perbedaan
3.2.1
Menyebutkan beberapa aturan hidup bersih dan sehat di lingkungan
rumah
4.2.1 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
Bahasa Indonesia
1.1.1
Menggunakan
bahasa Indonesia dalam berinteraksi pola hidup bersih dan sehat dirumah
2.1.1
Menunjukkan
perilaku peduli dan rasa ingin tahu terhadap
lingkungan bersih dan sehat dirumah
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan hidup bersih dan sehat di rumah
4.2.1 Menulis cerita narasi
sederhana tentang hidup bersih dan sehat di
rumah
Matematika
1.1.1 Berdoa sebelum
memulai pelajaran materi bangun
2.1.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas materi bangun
4.6.1 Menguraikan
unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut dan rusuk
D. Materi Pembelajaran :
7
langkah mencuci tangan dengan benar
·
Basahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air
mengalir
·
Gunakan sabun di bagian telapak tangan yang telah basah
·
Gosok telapak tangan hingga menghasilkan busa
·
Bilas dengan air bersih
·
Tutup kran dengan siku atau tissu.
·
Keringkan tangan dengan tissu/handuk kertas
·
Hindarkan
menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.
Lagu “Makan Jangan Bersuara”
Siswa
mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi potongan kardus yang
berbentuk segi empat
Potongan kardus
|
Banyak sudut
|
Banyak sisi potongan kardus
|
E. Metode Pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, penugasan
F. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
(10 Menit)
1.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
2.
Guru mengecek kesiapan peserta didik dengan ice breaking dan
mengisi daftar hadir
3.
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan secara komunikatif: Bagaimana cara menjaga
tubuh agar tidak sakit?
4.
Siswa mengembangkan
jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan peristiwa-peristiwa yang ada dan
terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
5.
Guru menyampaikan tema
pembelajaran hari ini adalah Hidup
bersih dan sehat di rumah
6.
Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai pada
pembelajaran kali ini
Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Siswa mengamati gambar siti makan bersama keluarga (Mengamati)
2.
Siswa membaca teks “Hidup Bersih dan Sehat di Rumah” (Mengamati)
3.
Setelah siswa mengamati gambar siti makan bersama keluarga dan
membaca teks “Hidup Bersih dan sehat di rumah”, guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa ( Menanya)
4.
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil
pengamatannya (Menanya)
5.
Siswa mengamati gambar mencuci tangan (Mengamati)
6.
Guru memberikan penjelasan contoh langkah-langkah mencuci tangan
dengan benar (Mengamati)
7.
Siswa mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar (Mencoba)
8.
Siswa menuliskan kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan
mencuci tangan (Mencoba)
9.
Siswa menyanyikan lagu “Makan Jangan Bersuara”
10. Guru menanyakan tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
11. Siswa mengaitkan isi lagu dengan perilaku hidup bersih
dan sehat dirumah ( Menalar)
12. Guru menjelaskan dan menunjukkan kepada siswa
unsur-unsur bangun ruang pada bangun kubus dengan menggunakan kardus
(Mengamati)
13. Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak
sisi pada potongan kardus yang berbentuk segi empat ( Mengumpulkan data /
Mencoba)
14. Siswa menuliskan kesimpulan berdasarkan tabel dengan
cermat (Menalar)
15. Siswa menuliskan contoh tata tertib di rumah
(Mengkomunikasikan)
16. Guru membimbing siswa untuk mengingat langkah-langkah
mencuci tangan dengan benar
17. Siswa menulis cerita sederhana tentang cara mencuci
tangan dengan menggunakan sabun (Mengkomunikasikan)
Penutup (15 Menit)
1. Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau
tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan
masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
2.
Guru
melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum menguasai materi
3.
Guru
menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya
4.
Guru
menutup pembelajaran dengan do’a dan salam
G. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
Indikator
Pencapai Ko mpetensi
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Instrumen Penilaian
|
|
PKN
1.1.1
Menghargai keberagaman perbedaan
di lingkungan rumah
2.1.1 Menunjukkan
perilaku toleransi terhadap keberagaman perbedaan
3.2.2
Menyebutkan beberapa aturan hidup bersih dan sehat di
lingkungan rumah
4.2.1
Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
|
Non Tes
Non Tes
Tes
Non Tes
|
Penilaian
Sikap
Penilaian
Sikap
Tes Tulis
Uraian
Perfomen (Unjuk Kerja)
|
Bahasa Indonesia
1.1.2
Menggunakan
bahasa Indonesia dalam berinteraksi pola hidup bersih dan sehat dirumah
2.1.1
Menunjukkan perilaku peduli dan
rasa ingin tahu terhadap lingkungan bersih dan sehat dirumah
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan hidup bersih dan sehat di rumah
4.2.1 Menulis cerita
narasi sederhana tentang hidup bersih dan sehat di rumah
|
Non Tes
Non Tes
Tes
Non Tes
|
Penilaian
Sikap
Penilaian
Sikap
Tes Tulis
Uraian
Porofolio
|
Matematika
1.1.1 Berdoa sebelum
memulai pelajaran materi bangun
2.1.1 Menunjukkan sikap
cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu
serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas materi bangun
4.6.1 Menguraikan
unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut dan rusuk
|
Non Tes
Non Tes
Tes
|
Penilaian
Sikap
Penilaian
Sikap
Tes Tulis Uraian
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
1)
Penilaian Diri
Berilah
tanda centang pada kegiatan yang telah dilakukan dibawah ini
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Kadang-kadang
|
Tidak
|
1
|
Saling
menghargai sesama anggoa keluarga
|
|||
2
|
Menggunakan
bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
|
|||
3
|
Membuang
sampah pada tempatnya
|
|||
4
|
Menjaga
kebersihan lingkungan rumah
|
|||
5
|
Mencuci
tangan sebelum makan
|
|||
6
|
Berdoa
sebelum belajar
|
|||
7
|
Mengucapkan
Alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas atau mengakhiri belajar
|
|||
8
|
Tidak
mencontek saat mengerjakan tugas
|
|||
9
|
Berani
menyatakan pendapat
|
|||
10
|
Mengumoulkan tugas tepat waktu
|
2)
Penilaian Observasi
No.
|
Nama
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Disiplin
|
Percaya Diri
|
Cermat
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MB
|
MT
|
SM
|
||
Keterangan:
BT :Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB :Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
b.
Penilaian
Pengetahuan
Instrumen Penilaian :
Tes Tulis
1)
Memberikan
contoh tata tertib yang berlaku dirumah
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan
benar
|
4
|
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
|
3
|
Menjawab 1 kegiatan dengan benar
|
2
|
Menjawab dengan jawaban yang salah
|
1
|
2)
Menulis kegiatan di rumah yang harus
di lakukan dengan cuci tangan
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan
benar
|
4
|
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
|
3
|
Menjawab 1 kegiatan dengan benar
|
2
|
Menjawab dengan jawaban yang salah
|
1
|
3)
Menentukan sudut dan sisi dari
kardus
Kriteria penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab semua sudut dan sisi dengan
benar
|
5
|
Menjawab salah satu jawaban benar
|
3
|
Menjawab dengan jawaban yang salah
|
1
|
4)
Membuat kesimpulan
Kriteria penilaian
Kriteria
|
Bobot
|
Menjawab dengan benar sesuai EYD
|
4
|
Menjawab menjawab dengan benar tidak
sesuai EYD
|
3
|
Menjawab salah satu benar sesuai EYD
|
2
|
Menjawab salah satu benar tidak sesuai
EYD
|
1
|
c.
Penilaian
Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
Penilaian :
Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kegiatan bertanya
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
1
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
||
2
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar
yang diamati
|
||
3
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
Hasil pengamatan kegiatan bertanya
No.
|
Nama
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
T
|
BT
|
T
|
BT
|
T
|
BT
|
||
Keterangan :
T :
Terlihat
BT : Belum Terlihat
b.
Melakukan
Cuci tangan
Penilaian : Unjuk kerja
Rubrik
Melakukan Cuci Tangan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Melakukan cuci tangan
|
Melakukan cuci tangan sesuai dengan langkah-langkah yang tertib
|
Melakukan cuci tangan hanya 5 langkah yang tertib
|
Melakukan cuci tangan hanya 4 langkah yang tertib
|
Melakukan cuci tangan hanya 3 langah yang tertib
|
c.
Menulis
cerita sederhana tentang cara mencuci tangan dengan
menggunakan sabun
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan EYD yang tepat
|
Menggunakan huruf kapital, kata depan dan tanda baca yang tepat
tanpa bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat
namun dilakukan tanpa bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan
dengan
tepat dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
Ada
beberapa penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca tidak digunakan
dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan Penulisan kata
|
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap
|
Terdapat
sebagian kecil penulisan kata yang kurang lengkap
|
Terdapat
setengah
dari
teks penulisan
kata yang
belum
lengkap
|
Sebagian besar
kalimat menggunakan penulisan kata yang belum lengkap
|
3
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema mencuci tangan
|
Seluruh teks yang ditulis sesuai judul atau tema
|
Setengah
atau lebih
isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai judul atau tema
|
Seluruh
isi karangan belum sesuai
|
4
|
Penggunaan kalimat yag efektif
|
Mengandung unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
Unsure kalimat
yang kurang lengkap dan susunannya juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat yang kurang lengkap dan tidak jelas susunannya juga kurang sulit
dipahami
|
Pedoman
penskoran
Skor
Maksimal = 100
Skor = Skor yang diperoleh x
100
Skor
Maksimal
Skor
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat
Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
3.
Pengayaan dan Remidial
Pengayaan
1. Jika siswa sudah bisa mencuci tangan dengan benar, siswa diminta
menjelaskan bagaimana cara mencuci kaki
dengan benar.
2. Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru
dapat memberikan penugasan dalam
membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
3. Jika siswa sudah bisa mengetahui dan memahami sudut dan sisi
bangun segiempat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa bentuk
soal lain.
Remidial
1. Jika siswa masih kesulitan untuk mengamati dan mencoba melakukan
cuci tangan, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing dan
penugasan latihan berkelompok di rumah.
2. Jika siswa masih kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat
memberikan bimbingan dalam penulisan
cerita yang lebih intensif
3. Jika siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami sudut
dan sisi dan sisi bangun ruang, maka
guru dapat menjelaskan ulang dengan media yang berbeda
H.
Media Dan Sumber Belajar
·
Buku siswa
·
Kardus
·
Gambar langkah-langkah mencuvi tangan
Post a Comment