Media Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas 2 Tema Hidup Bersih dan Sehat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah             : SDN 2 PASAR BATU
Tema                           : Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema                    : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah
Pembelajaran               :  1
Kelas / Semester          : II / Ganjil
Alokasi Waktu            : 5 JPL (5x35 menit)
A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya..
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar         
 PPkN
1.1  Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
Bahasa Indonesia
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
PPkN
1.1.1        Menghargai keberagaman perbedaan di lingkungan rumah
2.1.1    Menunjukkan perilaku toleransi terhadap keberagaman perbedaan
3.2.1        Menyebutkan beberapa aturan hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
4.2.1    Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
Bahasa Indonesia
1.1.1        Menggunakan bahasa Indonesia dalam berinteraksi pola hidup bersih dan sehat dirumah
2.1.1        Menunjukkan perilaku peduli  dan rasa ingin tahu terhadap lingkungan bersih dan sehat dirumah
3.2.1    Mengidentifikasi berbagai kegiatan hidup bersih dan sehat di rumah
4.2.1    Menulis cerita narasi sederhana tentang hidup bersih dan sehat di  rumah
Matematika
1.1.1     Berdoa sebelum memulai pelajaran materi bangun
2.1.1     Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas materi bangun
4.6.1     Menguraikan unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut dan rusuk
D.    Materi Pembelajaran      : 
7 langkah mencuci tangan dengan benar
·         Basahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir
·         Gunakan sabun di bagian telapak tangan yang telah basah
·         Gosok telapak tangan hingga menghasilkan busa
·         Bilas dengan air bersih
·         Tutup kran dengan siku atau tissu.
·         Keringkan tangan dengan tissu/handuk kertas
·         Hindarkan menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.
Rounded Rectangle: Makan Jangan Bersuara
Cipt: Pak Kasur

Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Ayo makan bersama
Lagu “Makan Jangan Bersuara”
Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi potongan kardus yang berbentuk segi empat
Potongan kardus
Banyak sudut
Banyak sisi potongan kardus
E.     Metode Pembelajaran     : Ceramah, tanya jawab, penugasan
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan  (10 Menit)
1.      Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama
2.      Guru mengecek kesiapan peserta didik dengan ice breaking dan mengisi daftar hadir
3.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan secara komunikatif: Bagaimana cara menjaga tubuh agar tidak sakit?
4.      Siswa mengembangkan jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
5.      Guru menyampaikan tema pembelajaran hari ini adalah Hidup bersih dan sehat di rumah
6.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran kali ini
Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Siswa mengamati gambar siti makan bersama keluarga (Mengamati)
2.      Siswa membaca teks “Hidup Bersih dan Sehat di Rumah” (Mengamati)
3.      Setelah siswa mengamati gambar siti makan bersama keluarga dan membaca teks “Hidup Bersih dan sehat di rumah”, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa ( Menanya)
4.      Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya (Menanya)
5.      Siswa mengamati gambar mencuci tangan (Mengamati)
6.      Guru memberikan penjelasan contoh langkah-langkah mencuci tangan dengan benar (Mengamati)
7.      Siswa mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar (Mencoba)
8.      Siswa menuliskan kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan mencuci tangan (Mencoba)
9.      Siswa menyanyikan lagu “Makan Jangan Bersuara”
10.  Guru menanyakan tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
11.  Siswa mengaitkan isi lagu dengan perilaku hidup bersih dan sehat dirumah ( Menalar)
12.  Guru menjelaskan dan menunjukkan kepada siswa unsur-unsur bangun ruang pada bangun kubus dengan menggunakan kardus (Mengamati)
13.  Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi pada potongan kardus yang berbentuk segi empat ( Mengumpulkan data / Mencoba)
14.  Siswa menuliskan kesimpulan berdasarkan tabel dengan cermat (Menalar)
15.  Siswa menuliskan contoh tata tertib di rumah (Mengkomunikasikan)
16.  Guru membimbing siswa untuk mengingat langkah-langkah mencuci tangan dengan benar
17.  Siswa menulis cerita sederhana tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun (Mengkomunikasikan)
Penutup (15 Menit)
1.      Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
2.      Guru melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum menguasai materi
3.      Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya
4.      Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan salam
G.    Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian
Indikator Pencapai Ko mpetensi
Penilaian
Teknik
Instrumen Penilaian
PKN
1.1.1        Menghargai keberagaman perbedaan di lingkungan rumah
2.1.1    Menunjukkan perilaku toleransi terhadap keberagaman perbedaan
3.2.2        Menyebutkan beberapa aturan hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
4.2.1 Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah
Non Tes
Non Tes
Tes
Non Tes
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Tes Tulis Uraian
Perfomen (Unjuk Kerja)
Bahasa Indonesia
1.1.2        Menggunakan bahasa Indonesia dalam berinteraksi pola hidup bersih dan sehat dirumah
2.1.1        Menunjukkan perilaku peduli dan rasa ingin tahu terhadap lingkungan bersih dan sehat dirumah
3.2.1    Mengidentifikasi berbagai kegiatan hidup bersih dan sehat di rumah
4.2.1    Menulis cerita narasi sederhana tentang hidup bersih dan sehat di  rumah
Non Tes
Non Tes
Tes
Non Tes
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Tes Tulis Uraian
Porofolio
Matematika
1.1.1     Berdoa sebelum memulai    pelajaran materi bangun
2.1.1     Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas materi bangun
4.6.1     Menguraikan unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut dan rusuk
Non Tes
Non Tes
Tes
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Tes Tulis Uraian
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Sikap
1)      Penilaian Diri
Berilah tanda centang pada kegiatan yang telah dilakukan dibawah ini
No.
Pernyataan
Ya
Kadang-kadang
Tidak
1
Saling menghargai sesama anggoa keluarga
2
Menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi
3
Membuang sampah pada tempatnya
4
Menjaga kebersihan lingkungan rumah
5
Mencuci tangan sebelum makan
6
Berdoa sebelum belajar
7
Mengucapkan Alhamdulillah ketika berhasil mengerjakan tugas atau mengakhiri belajar
8
Tidak mencontek saat mengerjakan tugas
9
Berani menyatakan pendapat
10
Mengumoulkan tugas tepat waktu
2)      Penilaian Observasi
No.
Nama
Perubahan Tingkah Laku
Disiplin
Percaya Diri
Cermat
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MB
MT
SM
Keterangan:
BT   :Belum Terlihat
MT  : Mulai Terlihat
MB  :Mulai Berkembang
SM  : Sudah Membudaya
b.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian           : Tes Tulis
1)      Memberikan contoh tata tertib yang berlaku dirumah
Kriteria Penilaian
Kriteria
Bobot
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan benar
4
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
3
Menjawab 1 kegiatan dengan benar
2
Menjawab dengan jawaban yang salah
1
2)      Menulis kegiatan di rumah yang harus di lakukan dengan cuci tangan
Kriteria Penilaian
Kriteria
Bobot
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan benar
4
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
3
Menjawab 1 kegiatan dengan benar
2
Menjawab dengan jawaban yang salah
1
3)      Menentukan sudut dan sisi dari kardus
Kriteria penilaian
Kriteria
Bobot
Menjawab semua sudut dan sisi dengan benar
5
Menjawab salah satu jawaban benar
3
Menjawab dengan jawaban yang salah
1
4)      Membuat kesimpulan
Kriteria penilaian
Kriteria
Bobot
Menjawab dengan benar sesuai EYD
4
Menjawab menjawab dengan benar tidak sesuai EYD
3
Menjawab salah satu benar sesuai EYD
2
Menjawab salah satu benar tidak sesuai EYD
1
           
c.       Penilaian Keterampilan
a.       Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
Penilaian   : Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kegiatan bertanya
No.
Kriteria
Terlihat
Tidak Terlihat
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai
2
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
3
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
                       
Hasil pengamatan kegiatan bertanya
No.
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
T
BT
T
BT
T
BT
Keterangan           :
T               : Terlihat
BT            : Belum Terlihat
b.      Melakukan Cuci tangan
Penilaian   : Unjuk kerja
Rubrik Melakukan Cuci Tangan
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1.
Melakukan cuci tangan
Melakukan cuci tangan sesuai dengan langkah-langkah yang tertib
Melakukan cuci tangan hanya 5 langkah yang tertib
Melakukan cuci tangan hanya 4 langkah yang tertib
Melakukan cuci tangan hanya 3 langah yang tertib
c.       Menulis cerita sederhana tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun
No.
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat
Menggunakan huruf kapital, kata depan dan tanda baca yang tepat tanpa bimbingan guru
Ada beberapa penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan dengan tepat namun dilakukan tanpa bimbingan guru
Ada beberapa penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca kurang digunakan
dengan tepat dan  dilakukan
dengan
bimbingan guru
Ada beberapa penggunaan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca tidak digunakan dengan tepat dan dilakukan dengan bimbingan guru
2
Kelengkapan Penulisan kata
Seluruh kalimat menggunakan penulisan kata yang lengkap
Terdapat sebagian kecil penulisan kata yang kurang lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum
lengkap
Sebagian besar kalimat menggunakan penulisan kata yang belum lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema mencuci tangan
Seluruh teks yang ditulis sesuai judul atau tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
Seluruh isi karangan belum sesuai
4
Penggunaan kalimat yag efektif
Mengandung unsur kalimat yang lengkap dengan susunan yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
Unsure kalimat yang kurang lengkap dan susunannya juga kurang tepat
Mengandung unsur kalimat yang kurang lengkap dan tidak jelas susunannya juga kurang sulit dipahami
Pedoman penskoran
Skor Maksimal     = 100
Skor                      = Skor yang diperoleh x 100
                                         Skor Maksimal
Skor
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)
3. Pengayaan dan Remidial
          Pengayaan
1.      Jika siswa sudah bisa mencuci tangan dengan benar, siswa diminta menjelaskan bagaimana cara mencuci kaki dengan benar.
2.      Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
3.      Jika siswa sudah bisa mengetahui dan memahami sudut dan sisi bangun segiempat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa bentuk soal lain.
Remidial
1.      Jika siswa masih kesulitan untuk mengamati dan mencoba melakukan cuci tangan, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing dan penugasan latihan berkelompok di rumah.
2.      Jika siswa masih kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam penulisan cerita yang lebih intensif
3.      Jika siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami sudut dan sisi dan sisi bangun ruang, maka guru dapat menjelaskan ulang dengan media yang berbeda
H.    Media Dan Sumber Belajar
·         Buku siswa
·         Kardus
·         Gambar langkah-langkah mencuvi tangan

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget