Kurikulum 2013 Revisi 2018 - Aplikasi Raport Kelas 3 SD


Aplikasi Raport Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 kami bagikan agar bisa berguna sebagai acuan para tenaga pengajar untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik. Panduan yang disusun tak hanya mencakup konsep penilaian saja, tapi juga menjelaskan penilaian yang dilakukan oleh pendidik serta satuan pendidikan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik meliputi tiga jenis penilaian. Yang pertama adalah penilaian sikap. Teknik untuk penilaian ini dilakukan melalui observasi maupun teknik relevan lainnya seperti penilaian diri dan antar teman. Setelah penilaian sikap dilaksanakan kemudian diolah dan hasilnya dimasukkan ke dalam deskripsi capaian yang meliputi sikap sosial dan spiritual.
Penilaian yang kedua adalah penilaian pengetahuan dengan tujuan mengukur proses serta hasil kompetensi yang telah dicapai oleh peserta didik. Adapun jenis pengetahuan yang dinilai dibagi ke dalam beberapa jenis meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berbeda dengan penilaian sikap, untuk menilai pengetahuan peserta didik, teknik yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Dalam mengolah nilai pengetahuan, nilai tersebut diperoleh dari penilaian harian, tengah semester, dan akhir semester dengan teknik penilaian yang sesuai kompetensi dasar.
Penilaian yang ketiga adalah penilaian keterampilan dengan tujuan mengukur kemampuan dalam mengaplikasikan pengetahuan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Penilaian keterampilan ini dilakukan melalui penilaian praktik, produk, projek, serta penilaian portofolio. Tindak lanjut dari hasil penilaian tersebut berupa remedial dan pengayaan bagi siswa.
Aplikasi ini dibuat oleh Ibu Nurhayati Mualif dari Pacitan. "Semoga Bermanfaat"

Post a Comment

[disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget